Apa itu SEO (Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas trafik web / blog dengan memudahkan mesin pencari menemukan web / blog anda dengan kata kunci (query) tertentu. Sedikit gambaran tentang SEO para netter  jika  ingin mencari sesuatu entah itu artikel, tutorial, master, software, ingin download, atau bahkan membeli / menjual barang via online pasti memasukkan kata kunci (query) di mesin pencari lalu menekan ‘enter’ setelah itu akan muncul hasil pencarian web / blog yang berisi kata kunci yang sudah di ketikkan tadi. Bila anda teliti hasil pencarian itu memiliki peringkat ada yang di baris pertama halaman pertama (baik sekali) dan seterusnya, peringkat suatu web / blog tentu berbeda-beda ada yang lebih baik dari yang lain itu karena ada teknik pemasaran web yang bagus disebut Search Engine Optimization (SEO).

Belajar tentang SEO ada beberapa yang harus kita ketahui:
Cara Kerja Mesin Pencari (Searh Engine)

Ada banyak mesin pencari antara lain Google, Yahoo, Bing, Kosmix, Mahalo, dll. Saat ini mesin pencari  terpopuler serta banyak digunakan adalah Google. Perlu anda ketahui mesin pencari tidak sama dengan manusia. Meskipun saat ini kemajuan teknologi begitu pesat mesin pencari masih kalah dengan manusia yang bisa menikmati keindahan suatu tampilan atau desain web dan juga bisa mendengarkan suara dan melihat suatu gerakan dalam film, sedangkan mesin pencari berbasis teks.

Dalam menampilkan hasil pencarian mesin pencari melakukan beberapa hal:

-          Crawling
Bisa berarti merangkak atau menjelajahi web untuk melihat apa yang ada di web tersebut.Ini di lakukan oleh suatu software  Crawler / Spider / Googelbot oleh Google. Spider mengikuti link dari satu halaman ke halaman lain dan mengindeks yang mereka temukan, Milyaran web dan terus bertambah setiap hari  tentu tidak mungkin mesin pencari mungunjungi web tersebut setiap harinya hanya untuk melihat perubahan atau update  yang anda lakukan.

Karena Crawler berbasis teks jadi tidak melihat gambar, film flash, JavaScript, frame, halaman bersandi dan berdirektori, jadi sebisa mungkin anda untuk meminimalisir menggunakan hal diatas pada web anda.

-          Indexing
Setelah halaman web dijelajahi langkah selajutnya adalah mengindexs isinya. Halaman yang terindexs disimpan pada database dengan kapasitas sangat besar sekali dan halaman tersebut setiap saat bisa dipanggil atau ditampilkan. Sesungguhnya proses pengindexsan adalah mengidentifikasi kata-kata yang paling menggambarkan halaman tersebut dengan kata kunci tertentu.

-          Processing
Saat datang perintah pencarian mesin pencari memprosesnya dengan membandingkan kata kunci yang di ketikkan dengan halaman yang terindexs dalam database, karena ada banyak sekali (bisa jutaan) halaman yang berisi kata kunci tersebut. Mesin pencari mulai menghitung relevansi kata kunci mesin pencari dengan halaman terindexs.
Untuk menghitung relevansi ada beberapa algoritma dan masing-masing memiliki bobot berbeda seperti banyaknya kata kunci, link atau metatags.

-          take it
Langkah terakhir mesin pencari adalah mengambil / menampilkan hasilnya tentunya tidak hanya sekedar menampilkan tetapi sudah melewati beberapa langkah sebelumnya dan yang paling relevan dengan kata kunci berada pada posisi teratas.

Bersambung
Tunggu artikel SEO selanjutnya "Pentingnya Kata Kunci Dalam SEO"

 
© 2011 - 2016 Satu Untuk Semua | Support Blogger |Oprek: SaUnSe |Privacy Policy